CONTOH Bukti Fisik Akreditasi Terbaru 8 Standar Untuk SD/MI, SMP/MTS, Dan SMA/MA

Posted on

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, bapak ibu kepala sekolah dan operator serta pengurus sekolah yang kami hormati, pada kesempatan kali ini kami mengucapkan syukur pada tuhan yang maha esa karena selalu tetap diberikan nikmat sehat iman dan islam sehingga sealu dapat menjalnkan aktifitas dengan baik.

Baiklah bapak ibu dimanapun berada yang kami hormati, kali ini kami akan coba memberikan gambaran tentang 8 setandar akriditasi untuk sekolah SD, mudah mudahan bermanfaat, aamiin,

Instrumen Akreditasi SD/MI disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 119 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban. 

Jumlah Butir dan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SD/MI untuk masing-masing komponen Instrumen Akreditasi SD/MI memuat 119 butir pernyataan, masing-masing memiliki bobot butir yang berbeda-beda tergantung dukungannya terhadap pembelajaran bermutu. 

Bobot butir pernyataan terendah adalah 1, dan bobot butir pernyataan tertinggi adalah 4 : 

Standar Isi Bukti Fisik Poin No 1 

Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap spiritual siswa sesuai dengan tingkat kompetensi. Dibuktikan Dengan Rumusan kompetensi sikap spiritual, Unduh 

File Bukti Fisik Poin No 2

Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap sosial siswa sesuai dengan tingkat kompetensi. Dibuktikan Dengan Rumusan kompetensi sikap sosial, Unduh 

File Bukti Fisik Poin No 3 

Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi pengetahuan siswa sesuai dengan tingkat kompetensi. Dibuktikan Dengan Kompetensi Inti pengetahuan, Unduh 

File Bukti Fisik Poin No 4 

Guru mengembangkan perangkat pembelajaran pada kompetensi keterampilan siswa sesuai dengan tingkat kompetensi. Dibuktikan Dengan Kompetensi Inti Keterampilan, Unduh 

File Bukti Fisik Poin No 5 

Sekolah/madrasah mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan tingkat kompetensi dan ruang lingkup materi pembelajaran pada setiap tingkat kelas. Dibuktikan Dengan Perangkat pembelajaran dikembangkan, Unduh 

File Bukti Fisik Poin No 6 

Kepala sekolah/madrasah bersama guru mengembangkan kurikulum sesuai dengan pedoman pengembangan KTSP dengan melibatkan beberapa unsur: (1) konselor/guru BK, (2) pengawas sekolah/madrasah, (3) narasumber, (4) komite sekolah/madrasah, (5) penyelenggara lembaga pendidikan. Dibuktikan Dengan Tim Pengembang Kurikulum.

File Bukti Fisik Poin No 7 

Sekolah/madrasah menyusun K13 yang meliputi: (1) visi, misi dan tujuan, (2) pengorganisasian muatan kurikuler, (3) pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru (4) penyusunan kalender pendidikan, (5) penyusunan silabus muatan pelajaran, (6) penyusunan RPP. Dibuktikan Dengan Dokumen KTSP, Unduh 

File Bukti Fisik Poin No 8 

Sekolah/madrasah mengembangkan kurikulum sesuai dengan prosedur operasional pengembangan KTSP yang meliputi tahapan berikut: (1) analisis, (2) penyusunan, (3) penetapan, (4) pengesahan. Dibuktikan Dengan Prosedur operasional pengembangan K13, Unduh 

File Bukti Fisik Poin No 9 

Sekolah/madrasah melaksanakan kurikulum sesuai ketentuan: (1) mengikuti struktur kurikulum, (2) penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri, maksimal 60%, (3) beban kerja guru dan beban belajar siswa sesuai ketentuan, (4) mata pelajaran seni budaya, prakarya, dan kewirausahaan diselenggarakan minimal dua aspek, (5) menyelenggarakan kegiatan pengembangan diri dan cara penilaiannya. Seluruh butir pernyataan Instrumen Akreditasi SD/MI merupakan pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban yaitu A, B, C, D, dan E. Ketentukan skor setiap opsi jawaban sebagai berikut. Dibuktikan Dengan Kurikulum UNDUH DI SINI

simber. kampus pendidikan.com

Demikianlah tadi tentang  8 setandar untuk akriditasi, mudah mudahan bermanfaat dan bisa membantu atan menkadi sebuah gambaran untuk melaksanaknya, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *