CONTOH KARYA TULIS {PEPER} MENGENAL SANG PROKLAMAOR DI MUSIUM BUNG KARNO

Posted on

MENGENAL
SANG PROKLAMAOR

DI MUSIUM
BUNG KARNO

 

 

KARYA TULIS

 

DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI SALAH SATU

SYARAT MENGIKUTI UJIAN MADRASAH {UM} MADRASAH
‘ALIAH ROUDLATUL HUDA PURWOSARI TAHUAN PELAJARAN 2020 – 2021

 

OELH :

 

Nama                    :FARIKAH AINI PURTI

Nisen                    :3305/0034058056

Kelas                    :XII {DUABELAS}

Program              :ILMU AGAMA ISLAM {IAI}

 

 





















 CARA PENULISAN KARYA TULIS KLIK DISINI

CONTOH SEKRIPSI KLIK DISINI

CARA MENULIS LAPORAN PPL MAHASISWA KLIK DI SINI

 

 

MADRAAH ‘ALIAH ROUDLATUL HUDA PURWOSARI KECAMATAN
PADANGRATU KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2020.2021

 

HALAMAN
PENGESAHAN

 

JUDUL
KARYA TULIS       : Mengenal Sang
Proklamatordi    Musium Bung Karno

NAMA                        :FARIKAH
AINI PUTRI

NISEN                                    :3305/0034058056

KELAS                       :XII
{DUABELAS}

PROGRAM                :ILMU
AGAMA ISLAM {IAI}

 

Telah
Diterima Dan Disahkan Di Purwosari Kecamatan Padangratu Kabupaten lampung
Tengah Pada Tanggal 26 Februari 2021.

Penguji                                                            Pembimbing

 

 

…………………..                              BISMIS SABIHIS
WAHID S.Pd

Lampung
tengah …,…… 2021

                                                                                    Kepala
Madrasah

           

 

 

                                                                                    MANSUR
YATIM S.Pd.I

MOTTO

“Anda
Adalah Satu Satunya Nahkoda Atau Penguasa Pikiran Anda Sendiri Oleh Karena Itu
Apa Yang Anda Pikirkan Dan Tinda Kan Apa Yang Akan Anda Lakukan, Setiap Hari
Adalah Pikiran Anda Sendiri”

By. The Power Of Thikngking



 

DAFTAR
RIWAYAT HIDUP

FARIKA
AINI PUTRI Dilahirkan Disendang Ayu Padangratu Pada Tanggal 26 Juni 2003, Anak
Dari Pasangan Dari Bapak Zainal Muttaqin Dengan Ibu Nur Hayati, Sejak Kecil
Biasa Dilatih Kebiasaan Hidup Mandiri, Seperti Halnya Makan, Tidur, Mandi Nyuci
Dan Pekerjaan Rumah Lainya.

Disamping
Bias Melatih Diri Juga Bias Membantu Ibu Tercinta Untuk Meringankan Beban
Pekerjaan Dirumah, Beranjak Umur 13 Tahun Alhamdulilah Sayadiberikesempatan
Untuk Menghirup Udara Sejuk Di PONPES Roudlotussholihin hingga detik ini..

 

RIWAYAT
PENDIDIKAN

 

Riwayat Pendidikan saya dari SD {Sekolah Dasar}
hingga saat ini adalah :

1.      MI
Tarbiatul Atfal sendang ayu Luls Pada Tahun 2015

2.      MTs
Roudlatul Huda Purwosari Lulus Pada Tahun 2018

3.      MA
Roudlatul Huda Purwosari Kabupaten Lampung Tengah Hingga Saat Ini.

KATA
PENGANTAR

 

Pujisyukur
penulis sampaikan kepada ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmatnya sehingga
penulis bias menyelesaikan karya tulis ini dengan baik.

Adapunn
karya tulis ini disusun dan diajukan dalam rangka melngkapi salhsatu persyratan
mengikuti UM di Ma Roudlotul huda purwosari kecamatan padangrati kabupaten
lampung tengah.

Penulis
mengakui bahw dalm menyusun karya tulis banyak kesalahan dan kekurangan maka
dari itu penulis mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun, demi lebih
baiknya karya tulis dimasa mendatang.

Ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada:

  1. 1.     
    Bpk MASUR YATIM S.Pd selaku kepala MA RH
    purwosari kecamatan padangratu kabupaten lampung tengah
  2. 2.      Bpk
    Bismis Sabihis Wahid S.Pd, Selaku pembimbing dalam karya tulis Sekripsi ini
  3. 3.      Dewan
    guru dan setaf MA roudlatul huda purwosari padangratu
  4. 4.     
    Siswa siswi kelas XII Dan semua pihak yang
    terkait dalam penulisan karya tulis ini, demikian karya tulis ini disusun
    semoga berguna bagi kita semua dan semoga ALLAH SWT menerima amal baik yang ita
    lakukan. AAMIIN

Purwosari,………………….2021

Penulis

 

FARIKAH
AINI PUTRI

NSI/NISEN3305/0034058056

 

DAFTAR
ISI

 

HALAMAN
JUDUL ……………………………………………………………………………..  I

HALAMAN
PENGESAHAN ……………………………………………………………….. II

MOTTO………………………………………………………………………………………………… III

DAFTAR
RIWAYAT HIDUP……………………………………………………………….. IV

KATA
PENGANTAR……………………………………………………………………………. V

DAFTAR
ISI………………………………………………………………………………………… VI

BAB I
PENDAHULUAN……………………………………………………………………… 1

1.1. LATAR
BELAKANG MASALAH………………………………………………….. 1

1.2. RUMUSAN
MASALAH…………………………………………………………………. 1

1.3. TUJUAN
PENULISAN…………………………………………………………………… 1

1.4. METODOLOGI
PENELITIAN……………………………………………………….. 2

1.5. SISTEMATIKA
PENULISAN…………………………………………………………. 2

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA…………………………………………………………….. 3

BAB III
LAPORAN HASIL OBSERVASI…………………………………………….. 4

3.1. SEJARAH
MUSEUM BUNG KARNO……………………………………………. 5

3.2. LATAR
ERDIRINYA MUSIUM ……………………………………………………. 8

3.3. KOLEKSI
MOSEUM BUNG KARNO…………………………………………….. 10

3.4. DENAH
LOKASI MOSEUM BUNG KARNO…………………………………. 11

BAB IV
PEUTUP…………………………………………………………………………………. 12

SIMPULAN………………………………………………………………………………………….. 13

SARAN
SARAN…………………………………………………………………………………… 14

DAFTAR
PUSTAKA…………………………………………………………………………….. 15

LAMPIRAN…………………………………………………………………………………………. 16

GAMBAR/FOTO………………………………………………………………………………….. 17

SURAT
TUGAS……………………………………………………………………………………. 17

 

 

 

 

 

BAB 1

PENDAHULUAN

 

1.1  LATAR BELAKANG MASALAH

Kemerdekaan
yang kita rasakan saat ini tenttunya tidak lepas dari perjuangan para pahlawan,
salah satunya dengan cara mendirikan museum. Di Indonesia sudah banya berdiri
museum, yang sudah didirikan oleh generasi jauh sebelum kita, seperti
musiumbung karno berada di kota blitar jawa timur.

Bung
karno merupakan salah satu pahlawan proklamasi yang sangat berperan penting bagi
kemerdekaan Indonesia, oleh sebab itu, dan untuk menghargai jasa beliau yang
sangat besar maka dibuat tempat yang menyimpan sejarah beliau.

1.2  RUMUSAN MASALAH

Dalam karya tulis ini penulis akn memberikan
beberapa rumusan masalah tentang bagaimana sejarah singkat berdirinya museum Bung
Karno.

1.3.
TUJUAN PENULISAN

Ada
bebrapa tujuan dalam menyusun karya tulis ini, adapun tujuanya dalam karya tulis
ini adalah sebagai berikut:

1.     
untuk menambah wawan dan pengetahuan tentang
sejarah singkat berdirinya museum bungkarno, yang ada didaerah belitar jawa
timur.

2.     
Untuk dijadikan salahsatu pengetahuan yang
dituangkan dalam karya tulis ini

3.     
Untuk memnuhi syrat mengikuti UM MA Roudlatul
huda purwosari tahun pelajaran tahun 2020/2021.

1.4.
METODOLOGI PENULISAN

Dalam
penulisan karya tulis ini, penulis mengunakan suatu metode yaitu metode
observsi. Metode ini merupakan motode pengumpulna data dengan cara pengamatan
dan tinjauan langsung kemusium bungkarno yang ada di blitar jawa timur

1.5.
SISTEMATIKA PENULISAN

Untuk
memudahkan dalam penulisan penyusunankarya tulis ini sehingga para pembaca
dapat denganmudah memahami. Maka penulis membagi dalam bebrapa pembahasan,
antara lain bahwa:

BAB I PENDAHULUAN

1.1LATAR
BELAKANG MASALAH1

1.2
RUMUSAN MASALAH

1.3
TUJUAN PENULISAN

1.4METODOLOGI
PENELITIAN

1.5
SISTEMATIKA PENULISAN

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

BABIII LAPORAN HASIL OBSERVASI

3.1  SEJARAH
MUSEUM BUNG KARNO

3.2  LATAR
BELAKANG BERDINYA MUSIUM

3.3  PENDIRI
MUSEUM BUNG KARNO

3.4  KOLEKSI
MOSEUM BUNG KARNO

3.5  DENAH
LOKASI MOSEUM BUNG KARNO

BAB IV PEUTUP

4.1  SIMPULAN

4.2  SARAN
SARAN

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

BAB II

TINJAUAN
PUSTAKA

Setelah
melakukan pengamatan dan penelitian dimusium bung karno agar karya tulis ini
mengarah dan sesuai dengan hasilobserfasi maka penulis akan meberikan
penjelasan bebrapa isti;lah tentang judul karya tulis ini, agar tidak
menimbulkan penafsiran yang berbeda, adapun penjelasan judul adalah sebagai
berikut.

Mengenal       : Memiliki arti mengetahui kenal {akan},
tahu {akan} {KBBI}

Sang                :
Kata yang dipakai didepan nama orang, binatang atau benda yang       dianggap hidup atau yang dimuliakan
{KBBI}

Proklamator  : Orang yang memproklamasikan {KBBI}

Di                    :
Kata depan untuk menandai tempat atau waktu {KBBI}

Museum         :
Gedung yang digunakan sebagi tempat untuk pameran tetap, benda benda yang patut
mendapat perhatian umum seperti peninggalan sejarah, seni dan ilmu tempat
penyimpanan bungkarno {KBBI}

Bung               :
Panggilan akrab kepada seorang laki laki {KBBI}

                              

BAB III

LAPORAN
HASIL OBSERFASI

3.1  Sejarah Museum Bung Karno.

Siapapun
yang ingin mengunjungi Museum Bung Karno, caranya sangatlah mudah karena
letaknya di tengah kota Blitar. Kita cukup menuju ke Kota Blitar. Letaknya
berada di Jl. Ir. Soekarno No. 152. Jika ingin ke sini, disarankan naik kereta
dan turun di Stasiun Blitar. Karena dari Stasiun Blitar, waktu tempuhnya cuma
sepuluh menit atau 3,3 kilometer. Tapi jika dengan bus, jarak dari terminal ke
Museum Bung Karno 6,3 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira tujuh belas menit.
Ketika sudah dekat, kita bisa dengan mudah mengenalinya karena ada makam Bung
Karno dan patungnya yang besar. Kita bisa mengunjunginya kapanpun karena buka
setiap hari tapi sebaiknya tetap memperhatikan jam buka dan tutupunya. Buka
mulai pagi sekitar jam delapan dan tutup sore hari sekitar jam tiga atau jam
empat. Harga tiket masuknya pun hanya donasi seperlunya.

3.2. Latar
Belakang Pendirian Museum Bung Karno

Tentunya
beberapa penyelenggara negara sepakat untuk mendirikan Museum Bung Karno.
Pembangunan museum dan perpustakaannya diketuai oleh arsitek dari ITB yaitu
Pribadi Widodo dan Baskoro Tedjo. Kemudian setelah jadi, gedung UPTnya
diresmikan oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri pada tanggal 3 Juli 2004.
Ada beberapa aspek yang melatar belakangi pendirian museum ini yaitu aspek
historis, aspek ideologi dan aspek empiris. Aspek-aspek ini mengandung nilai
dan pelajaran hidup yang sangat besar dan cocok untuk kita teladani.

Dilihat
dari aspek historis, Kota Blitar memiliki tokoh-tokoh sejarah yang patut
dikenang. Contohnya yaitu Bung Karno sang proklamator kita, Aryo Blitar sang
adipati dan Shodancho Supriyadi yang tidak pernah kita ketahui akhir hidupnya.
Kepahlawanan mereka patut dikenang. Selain itu perpustakaan adalah hal tak
terpisahkan dari Bung Karno. Bung Karno sangat suka membaca dan menulis. Karena
itulah Bung Karno memiliki pemikiran dan ide yang sangat berkualitas dan
brilian.

Karena
pemikiran Bung Karno yang brilian itulah muncul aspek ideologis. Gagasan, ide,
pemikiran, filosofi, ilmu dan pendapat Bung Karno sangatlah bernilai. Sehingga
meskipun sudah meninggal, kekayaan intelektual Bung Karno masih bermanfaat dan
menjadi aset negara. Pemikiran Bung Karno juga setara jika disejajarkan dengan
pemikiran para tokoh dan berbagai ideologi yang berkembang di seluruh dunia.
Contohnya Pancasila yang kita anut sekarang sebagai ideologi yang mengusung
semangat gotong royong dan nasionalisme. Selain Pancasila, ada pula pemikiran
yang dikenal oleh para akademisi dengan marhaenisme. Marhaenisme mengusung
persatuan nasional, ekonomi kolektif, budaya, anti-imperialis, anti-kolonialis,
anti-liberal, anti-individualis, anti-diktator dan mendukung demokrasi.

Aspek
ketiga yaitu aspek empiris. Pembangunan perpustakaan dan museum proklamator
Bung Karno melengkapi makam Bung Karno. Makam Bung Karno kini menjadi objek
wisata level regional, nasional bahkan internasional. Selain itu, perpustakaan
dan museum Bung Karno membantu kebutuhan akademis dan intelektual untuk semua
lapisan masyarakat. Diharapkan banyak generasi muda yang nantinya akan
meneruskan cita-cita Bung Karno untuk memperjuangkan bangsa dan negara.

3.3. Koleksi
Museum Bung Karno

Wisata
Museum Bung Karno ini memiliki banyak koleksi yang bisa kita nikmati. Di
antaranya koleksi khusus, koleksi referensi, terbitan berkala, koleksi umum,
koleksi nonbuku, koleksi anak dan remaja dan koleksi audio visual. Berikut akan
kita bahas satu per satu.

Koleksi
khusus

Koleksi
khusus berada di Gedung A Lantai 1 timur. Isinya berupa kisah hidup Bung Karno
beserta karyanya, buku-buku yang membahas Bung Karno, buku koleksi lukisan dan
patung Bung Karno.

1.     
Koleksi referensi

Koleksi
referensi berada di Gedung A Lantai 1 timur. Isinya meliputi kamus, ilmu
pengatahuan alam seperti kimia, fisika dan elektronika, filsafat, komputer,
pariwisata dan ilmu perbankan.

2.     
Terbitan berkala

Terbitan
berkala letaknya sama dengan koleksi khusus dan referensi. Isinya seperti
koran, tabloid dan majalah

3.     
Koleksi umum

Koleksi
umum berada di Gedung A, Lantai 2 timur / barat. Koleksinya juga tidak beda jauh
seperti di koleksi referensi. Contohnya seperti karya umum, agama, filsafat,
ilmu sosial, bahasa, ilmu teknologi, olahraga, kesenian, sasta, geografi dan
sejarah.

4.     
Koleksi nonbuku

Selain
koleksi buku, museum juga memiliki koleksi nonbuku. Letaknya brada di Gedung A
Lantai 1 barat. Koleksinya meliputi lukisan Bung Karno, barang milik Bung Karno
seperti koper dan baju, uang seri Bung Karno dari tahun 1964, lukisan Bung
Karno di Rengasdengklok sebelum Indonesia merdeka dan foto-foto Bung Karno dari
muda hingga jadi presiden.

Yang
paling terkenal adalah lukisan Bung Karno. Lukisan itu berbingkai kayu berwarna
emas dengan ukuran 1,5 x 1,75 meter dan ditopang dengan penyangga besi.
Orang-orang berbondong mengunjungi museum ini karena penasaran dengan lukisan yang
gosipnya jantungnya bisa berdetak. Selain itu seolah pandangannya bisa
mengikuti siapapun. Ada nuansa tiga dimensi di lukisan Bung Karno. Beberapa
pendapat mengatakan ada sosok jin dari Gunung Kelud yang tinggal di dalam
lukisan tersebut.

            3.4. Denah Lokasi Musium Bung
Karno



Keterangan:

1. Menit
Ke Halte Bs Blitar, Surabaya

2. Menit
Ke Rs Surabaya

3. Menit
Kesetasuin Kota Blitar

4. Menit
Ke Pusat Kota Pembelajaran Kota Blitar

5. Menit
Ke Alun Alun Kota Blitar

 

BAB IV

PENUTUP

4.1
SIMPULAN

Setelah penulis
menyelesikan karya tulis ini penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa:

1.     
Musium bungkarno mrupakan peninggalan sejarah
yang menjadi tempat peristiwa tang sering dikunjungi. Selain itu juga menjadi
tempat untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah bangsa indonesai
dan tokoh proklamator kemerdekaan yaitu IR Soekarno.

2.     
Dengan adanya musim bunkarno ini merupakan
salah satu tempat bersejarah Indonesia kusunya di daerah blirat jawa timur.

4.2
SARAN – SARAN

Berkautan
denganhasil obserfasi yang penulis lakukan di museum Bung karno maka penulis
ingin menyampaikan saran saran sebagai berikut:

1.     
Kepada pengelola museum bung bungkarno
hendaknya lebuh meningkatkan pelayanan kepada pengunjung sekaligus melngkapi
kekurangan kekurangan yang belum ada.

2.     
Kepada pengunjung hendaknya mematuhi peraturan
peraturan yang ada dan ikut serta mejaga kebersihan serta melestarikan budaya
Indonesia.

3.     
Penulis mengharapkan agar kita semua dapat
megetahui betapa pentingnya mengetahu sejarah para pahlawan.

DAFTAR
PUSTAKA

 

1.      https://denpasartaurisem.com/activity/mengenal-sang-proklamator-di-musium-bung-karno.

 

LAMPIRAN 1

Foto kegiatan Obserfasi

 

LAMPIRAN 2

SURAT TUGAS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *